Materi optical disk dan pita magnetik

    optical disk dan pita magnetik

Apa itu optical drive dan fungsinya?

Dalam istilah komputer, penggerak cakram optis atau pengandar cakram optis (bahasa Inggris: optical disc drive, atau ODD) adalah sebuah penggerak cakram yang menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik sebagai bagian dari proses membaca atau menulis data ke dalam atau dari cakram optis.

Selain itu, terdapat beberapa jenis Optical Disk yang bisa Anda beli di toko komputer seperti berikut ini.
Compact Disc. Jenis yang pertama adalah Compact Disc atau lebih populer dengan singkatan CD. ...

2. Digital Video Disc. ...
3. Blu-ray. ...
4. FM DISK.

Pengertian Optical Disk
Optical Disk adalah media penyimpanan data elektronik yang membaca dan menulis data dengan menggunakan teknik dan teknologi penyimpanan optik. Sebagian besar ada tiga jenis optical disk yang tersedia seperti Compact disk (CDs), Digital versatile disks (DVDs), yang juga disebut Digital video disk, dan yang terakhir adalah Blue-ray Disks.
Disk Blue-ray adalah disk yang menyediakan kapasitas besar dan kecepatan pemindahan data. James T. Russell adalah orang yang menemukan Cakram Optik pertama.

Fungsi Optical Disk
Fungsi dari optical disk ini adalah sebagai berikut:

Cakram Optik digunakan untuk menyediakan perangkat lunak ke dunia.
Ini digunakan untuk memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
Itu juga digunakan untuk mendapatkan cadangan dari perangkat.
Ini digunakan untuk menyimpan data besar seperti gambar, telegenik, dan beberapa lainnya juga.
Itu juga dapat digunakan sebagai alat penyimpanan yang dapat dilipat dan sekunder.
Ada beberapa optical disk yang menyediakan untuk menulis data ke disk, oleh karena itu, Anda dapat membuat lagu, foto, dan video Anda sendiri, atau Anda juga dapat membuat salinan cadangan dari file data penting Anda

Kekurangan Optical Disk
Setelah kita mengetahui keuntungan dari Optical disk, tetapi juga memiliki beberapa keterbatasan yang diberikan di bawah ini:
Saat Anda menggunakan disk ini untuk tujuan pencadangan, maka Anda harus menjaganya tetap aman dari pencuri. Setelah itu dicuri, itu lebih berbahaya. Jadi karena ukurannya yang besar, bisa dengan mudah dicuri atau hilang.
Dibandingkan dengan drive lain, drive optik sangat mahal. Optical Disk sangat mahal per Giga byte/Tera byte. Selain itu, jika kita bandingkan kapasitasnya dengan yang lain, maka kapasitasnya juga lebih kecil, kecuali Blue-Ray. Pekerjaan penyimpanan Optical Disk adalah 4,7 GB.
Itu tidak lebih ramah pengguna karena biayanya yang rendah. Untuk layanan, diperlukan sejumlah besar cadangan jaringan dan online.
Tidak mudah untuk menggandakan optical disk seperti USB flash drive. Ketika Anda perlu membakar, maka Anda harus membutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras yang terpisah.
Bisa dengan mudah tergores atau mudah patah.

Salah satu keunggulan dari media penyimpanan Optical ini
 adalah kapasitasnya yang cukup luas. Sehingga mampu menampung data atau file berukuran besar sekalipun

Apa yang dimaksud dengan pita magnetik 
Pita magnetik (magnetic tape) merupakan medium penyimpanan berurutan yang paling populer dan piringan magnetik (magnetic disk) merupakan cara utama mencapai akses langsung.

Penyimpanan Pita Magnetik: Keuntungan
Hemat Biaya – Biaya Keseluruhan Rendah
Portabilitas Pita Magnetik
Kurang Rentan terhadap Ancaman Online

Beberapa vendor pita magnetik antara lain:

IBM 
Perusahaan Hewlett Packard (HPE)
FujiFilm 
Sony
Dell 
Kuantum
Logika Spektra
XenData
Angin Bintang
Data Kotak Kuat

Kerugian dari cadangan pita magnetik
Pencadangan tape memiliki kelemahan yang jelas, yaitu memerlukan drive khusus atau perpustakaan tape. Namun, ini bukan satu-satunya kelemahannya.

 Perbedaan antara opical disk dengan pita magnetik adalah

MAGNETIC DISK MERUPAKAN SEBUAH PIRINGAN DARI BAHAN LOGAM, BERBENTUK BUNDAR, SERTA MEMILIKI SIFAT MAGNETIK YANG DAPAT MENGHASILKAN SEBUAH MEDAN MAGNET UNTUK MEMBANTU PROSES BACA TULIS MEMORI ATAU DATA PADA SISTEM KOMPUTER.

SEMENTARA ITU, OPTICAL DISK ADALAH SEBUAH PIRINGAN YANG MENGELIMINASI BAHAN BERSIFAT MAGNET. FUNGSI MEDAN MAGNETIK DIGANTIKAN OLEH BAHAN KHUSUS DALAM PIRINGAN YANG MAMPU DIUBAH MENJADI TITIK-TITIK BERPOLA TERANG GELAP OLEH SINAR LASER UNTUK MEMBANTU PROSES BACA TULIS MEMORI ATAU DATA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang raid